Selasa, 24 Januari 2017

DIET FULL KARBOHIDRAT, BERBAHAYA!


Ilustrasi pengecekan gula darah dengan alat digital.

Hallo sobat blogger!

Pernahkah sobat blogger makan seporsi nasi, dengan lauk balado kentang, sayurnya sup jagung bakso/sosis, tambahan lauknya perkedel kentang/bakwan jagung/mie goreng, pelengkapnya kerupuk, dan minumnya es teh manis?

Jika pernah, itu artinya kebiasaan makan sobat blogger sangat berbahaya. 

Mengapa berbahaya?

Karena nasi, kentang, jagung, bakso, sosis, mie, kerupuk, dan gula mengandung jenis zat yang sama. Yaitu karbohidrat atau zat tepung atau zat gula. Yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan meningkatkan kadar gula darah diatas normal. Dan jika hal ini berlangsung dalam waktu lama, maka akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes mellitus atau penyakit gula. 

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penderita kolaps, jika telah lama berlangsung mengakibatkan kerusakan organ-organ tubuh, dan yang terburuk adalah kematian.

Wah… ngeri juga ya…

Penyebab penyakit ini memang sepele. Seringkali hanya karena ketidaktahuan atau terbawa hawa nafsu mengikuti selera makan. Tetapi akibatnya, sungguh fatal. Walaupun diabetes umumnya diturunkan secara genetis, namun sekarang banyak sekali kasus diabetes yang disebabkan oleh kesalahan gaya hidup, terutama kebiasaan makan.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati

Hidup dengan penyakit apa pun, termasuk diabetes, bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Oleh karena itu sudah seharusnya kita menjaga pola hidup dan pola makan khususnya, agar terhindar dari penyakit diabetes. Cara ini akan lebih mudah, lebih murah, dan menyenangkan.

Namun jika sobat sudah terlanjur terkena diabetes, tidak ada jalan lain kecuali menata ulang pola hidup dan kebiasaan makan, teratur minum obat yang diresepkan dokter, disiplin menyuntik insulin dengan benar, serta menjalani gaya hidup sehat seimbang secara disiplin. Tidak perlu terpuruk, yang terpenting adalah berkomitmen untuk hidup sehat. Banyak diabetisi yang juga bisa hidup normal dan beraktivitas secara wajar.

Pola hidup sehat untuk mencegah diabetes
  • makan makanan seimbang antara karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin, mineral, dan air. Untuk hal ini saya sudah membahas di postingan sebelumnya yang berjudul " Dirimu adalah apa yang engkau makan ".
  • kurangi camilan dan minuman manis serta makanan yang mengandung karbohidrat (tepung-tepungan).
  • ganti camilan dengan sayur-sayuran atau buah-buahan
  • olah raga teratur
  • istirahat dan tidur cukup
  • hindari stress
Mudah-mudahan segala upaya yang kita lakukan berhasil maksimal dan bisa menghindarkan kita dari penyakit diabetes. Selamat menjalankan pola hidup sehat!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar