Senin, 02 Januari 2017

DIRIMU ADALAH APA YANG ENGKAU MAKAN



Yap!

Pepatah diatas memang benar adanya sobat blogger.

Apa pun yang kita makan, otomatis akan menjadi bahan dasar pembentuk diri kita. Jadi jangan anggap enteng makanan yang masuk ke dalam tubuh kita ya.

Saat ini, penyakit-penyakit yang disebabkan oleh makanan masih menduduki peringkat teratas di dunia. 

Dua contoh yang paling sering kita jumpai adalah diabetes mellitus (DM) dan penyakit jantung koroner (PJK). Yang pertama karena kelebihan gula dan yang kedua karena kelebihan lemak. Dampak dari kedua penyakit ini jika tidak dikelola dengan baik akan sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Jadi sudah menjadi keharusan bagi kita untuk menjalankan diet seimbang agar kesehatan dan kualitas hidup kita tetap terjaga.

Apakah yang dimaksud dengan diet seimbang?

Yang dikatakan diet seimbang adalah diet atau pola makan yang cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Dikatakan cukup artinya tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan.

Lalu apa ukurannya agar bisa masuk kategori cukup? 

Ukuran rumah tangga yang paling gampang dan sederhana adalah dengan menggunakan ukuran telapak tangan. Contoh: nasi sekepalan tangan, protein selebar telapak tangan, sayur selebar telapak tangan, buah selebar telapak tangan. Kira-kira itulah porsi makan sobat sekali makan. Tapi tentu cara ini hanya untuk sobat yang masih sehat dan tidak berpenyakit berat. Untuk yang berpenyakit berat tentu ada hitungan rincinya masing-masing yang dilakukan oleh ahli.

Nah itulah diet seimbang yang saya rekomendasikan untuk sobat blogger semua. Tentu saja dibarengi dengan asupan air putih yang cukup, istirahat dan tidur yang cukup, hindari stress, dan rutin berolah raga.

Semoga sobat blogger sehat selalu dan dapat terus berkarya.

Salam


1 komentar: